Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2024 di Lingkup LLDIKTI IX

Pada tanggal 5-7 Mei 2024, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX sukses menyelenggarakan Seleksi Tingkat Wilayah untuk Peserta Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2024 di Hotel Gammara Makassar.

Sejumlah peserta Pilmapres yang telah lulus seleksi administrasi dan pengecekan plagiarisme karya ilmiah dapat dilihat pada tautan https://s.id/HasilTurnitin_Pilmapres9.

Dalam seleksi tingkat wilayah ini, beberapa perguruan tinggi unggul meraih prestasi gemilang, antara lain:

Program Sarjana:
1. Universitas Hasanuddin (Unhas)
2. Universitas Atmajaya
3. Universitas Andi Djemma
4. Universitas Haluoleo
5. STIKOM 22 Januari Kendari

Program Diploma
1. Universitas Negeri Makassar (UNM)
2. Stikes Panakkukang
3. PNUP
4. Unismuh

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah IX, Syahruddin, menjelaskan pentingnya upaya dalam menciptakan SDM unggul dan berdaya saing melalui Manajemen Talenta Nasional (MTN), seiring dengan semangat Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Tata cara pemilihan Pilmapres dilakukan secara berjenjang, dengan prinsip kesetaraan antara PTN dan PTS. Jumlah pendaftar Pilmapres tahun ini mencapai 64 mahasiswa, dengan 37 mahasiswa berhasil lolos seleksi untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Pilmapres tahun 2024 bagi peserta Program Sarjana mengalami perubahan signifikan, dengan menyesuaikan asesmen terhadap kemampuan yang diperlukan di masyarakat dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa semester VIII.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada dewan juri, dosen pendamping, dan peserta Pilmapres dari berbagai perguruan tinggi atas kontribusinya dalam menjadikan Pilmapres tahun 2024 sukses, serta menyiapkan talenta-talenta unggul yang menjadi harapan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.