MENUJU PIMNAS KE-37, WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN BAGI MAHASISWA LINGKUP LLDIKTI WILAYAH IX

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan tahap akhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan program Dir. Belmawa Ditjen Dikti-Ristek dan Dir. APTV Ditjen Diksi, dimana kegiatannya dalam bentuk lomba karya ilmiah dan telah diselenggarakan untuk yang ke-37 kalinya di tahun 2024 ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah IX-Syahruddin saat membuka kegiatan “Workshop dan Pendampingan Penyusunan Proposal Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional” di Universitas Islam Makassar, Senin (27/5).

“PIMNAS merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi dan ditetapkan oleh Pusat Prestasi Nasional. Maka, hal ini yang menjadikan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) berkomitmen untuk mewadahi kreativitas dan produk intelektual para mahasiswa se-Indonesia” tutur beliau.

Lebih lanjut, Syahruddin juga menyampaikan harapan dan dorongannya kepada seluruh mahasiswa yang berada di bawah bendera LLDIKTI Wilayah IX untuk lebih terpacu meningkatkan kreativitas dan produk intelektualnya di ajang bergengsi tingkat Perguruan Tinggi ini. Harapan beliau, para mahasiswa dapat memperoleh manfaat yang besar bagi peningkatan kreativitas di bidang ilmunya masing-masing.

“PIMNAS merupakan tindak lanjut dari Program Kreativitas Mahasiswa yang berfungsi sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Melalui PIMNAS mahasiswa diharapkan siap menjawab tantangan kebutuhan zaman melalui riset dan inovasi secara berkesinambungan, agar mampu menghadirkan karya yang manfaatnya bisa dirasakan masyarakat secara berkelanjutan, hal ini merupakan bagian penting dalam upaya kita untuk mewujudkan ekosistem riset dan inovasi yang dinamis dan inklusif” jelasnya kemudian.

Kegiatan yang diikuti oleh 28 PTS lingkup LLDIKTI Wilayah IX ini juga menghadirkan beberapa narasumber, yakni: Andi Dian Permana (Universitas Hasanuddin), Andi Muhammad Irfan Taufan (Universitas Muhammadiyah Bone), dan Marwati (Universitas Almarisah Madani).

Syahruddin menutup sambutannya dengan menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasihnya kepada semua pihak baik itu mahasiswa, dosen pendamping, operator kemahasiswaan yang telah ikut berpartisipasi dan berkontribusi pada kegiatan Workshop dan Pendampingan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) bagi Mahasiswa Lingkup LLDIKTI Wilayah IX Tahun 2024 hari ini, sehingga terlaksana dengan baik dan sukses.