Serba Serbi Peringatan Hardiknas 2 Mei 2024 di LLDikti Wilayah IX

Halaman Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX, di Jalan Bung, Perintis Kemerdekaan Km. 9 Tamalanrea, menjadi tempat dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis, 2 Mei 2024. Upacara di hadiri oleh Pimpinan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi (PT), Pimpinan PT, Staf, Dharma Wanita Persatuan beserta Dosen dilingkup LLDikti Wilayah IX dan Andi Lukman, Kepala LLDikti Wilayah IX selaku Pembina Upacara.
“Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar, merupakan tema yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada peringatan Hardiknas 2024 ini. Dan Menetapkan Bulan Mei 2024 adalah Bulan Merdeka Belajar. Sebagaimana tertuang dalam Pedoman Peringatan Hardiknas, Nomor 11911/MPK.A/TU.02.03/2024.
Selaku Pembina Upacara, Andi Lukman, Kepala LLDikti Wilayah IX, membacakan Amanat Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek). Amanat Peringatan Hardiknas 2024, berisikan apresiasi Mendikbudristek terhadap perjalanan Lima Tahun dimanifestasikannya gagasan Merdeka Belajar, yang hingga kini telah membuat wajah baru bagi pendidikan dan kebudayaan di Indonesia.
Nadiem Makarim, mengemukakan terima kasih banyak atas perjuangan yang telah dilakukan oleh kepada para penggerak perubahan dan berpesan agar terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan merdeka belajar.
Bersamaan dengan moment peringatan Hardiknas 2024 ini, Andi Lukman menyerahkan sejumlah Surat Keputusan (SK) penghargaan kepada pegawai dan dosen di lingkup LLDikti Wilayah IX sebanyak 429. SK tersebut terdiri dari :
1. Surat Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya bagi pegawai dan Dosen Dipekerjakan (DPK) dengan masa bakti, 10 tahun berjumlah 33 orang, masa bakti, 20 tahun berjumlah 7 orang dan masa bakti, 30 tahun berjumlah 9 orang.
2. Surat Keputusan Kepala LLDikti Wilayah IX tentang Penghargaan Pengabdian Dosen Tetap Yayasan (DTY) dengan masa bakti, 10 tahun berjumlah 294 orang, masa bakti, 20 tahun berjumlah 52 orang dan masa bakti, 30 tahun berjumlah 8 orang.
3. Surat Keputusan Mendikbudristek tentang Jabatan Fungsional Lektor Kepala berjumlah 14 orang
4. Surat Mendikbudristek tentang pegawai yang memasuki masa purna tugas berjumlah 9 orang
Diantara nama-nama penerima penghargaan tersebut, Andi Lukman juga memperoleh Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya, atas dedikasi yang telah dilaksanakannya selama 30 tahun
Hal lain yang dilaksanakan pada moment peringatan Hardiknas tahun 2024 ini, LLDikti Wilayah IX, melaksanakan kegiatan perpisahan terhadap seorang pegawai yang telah sampai masa pensiun yakni Andi Sugi Ratu, yang memasuki masa purna tugasnya setelah mendedikasikan diri selama kurang lebih 35 Tahun.
Dalam kegiatan perpisahan yang dilaksanakan di Aula Ridwan Saleh Mattayang, LLDikti Wilayah IX, selepas pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas, Andi Lukman, dengan rasa haru menyatakan terima kasih yang mendalam atas pengabdian yang telah dilakukan Andi Sugi Ratu selama bertugas di LLDikti Wilayah IX dan berharap agar silaturrahim akan tetap terjalin.